Minggu, 02 Maret 2014

Cara Proteksi File PDF Agar Tidak Bisa di Copy

Cara Proteksi File PDF Agar Tidak Bisa di Copy - Selamat malam #KanCHITer ?? senang rasanya bisa sharing ilmu lagi. Oke, kali ini saya akan share sedikit tips bagi teman-teman CHITer semua, Langsung saja disimak.
Google.com

Deskripsi

"Siapa yang tidak marah jika karya kita di ambil alih oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, yaitu dengan merubah hak cipta, seperti mengaku-ngaku itu adalah hasil karyanya, terlebih itu adalah sebuah jerih payah yang mungkin itu merupakan hal yang sangat berharga".

Nah, dari gambaran itu muncul berbagai pertanyaan, "Gimana cara meminimalisir hal itu ??" jika anda bekerja sebagai seorang mentoring, tentu hal ini sangat berharga guna untuk menjaga hal yang tidak dininginkan.

oke, langsung saja, ikuti langkah-langkahnya.

Lankah 1

Download doPDF. Untuk yang versi terbaru yaitu versi 7.3
http://www.dopdf.com/download.php

lakukan instalasi seperti biasa,

Langkah 2

Setelah software diatas telah terinstall ubahlah terlebih dahulu file .doc sebagai contohnya ke file .PDF dengan cara mencetak file/Print (Ctrl P) pada file.doc.

Langkah 3

Pada panel Print pastikan nama printer yang aktif adalah doPDF v7 lalu klik OK.

Langkah 4

Kemudian akan tampil panel Print doPDF – Save PDF File, ubah tempat penyimpanan file PDF yang dinginkan lalu klik OK.

Langkah 5

Setelah dicetak maka akan tampil file PDF yang telah kita buat tadi, viewer PDF yang tampil adalah Foxit Reader, disini kita coba block/seleksi teks pada file PDF, teks tersebut dapat di Copy-Paste dengan mudah.

Langkah 6

Untuk membuat teks pada file PDF tersebut tidak dapat di Block/Seleksi, langkah selanjutnya adalah cetak kembali/print file PDF yang buka dengan menggunakan Foxit Reader.

Langkah 7

Sama seperti yang kita lakukan sebelumnya pilih nama printer doPDF terlebih dahulu untuk memastikan file PDF yang kita cetak menggunakan doPDF v7 yang telah di install.

Langkah 8

Kemudian akan tampil panel Print doPDF – Save PDF File, ubah tempat penyimpanan file PDF yang dinginkan lalu ubah nama file PDF yang baru lalu klik OK.

Langkah 9

Setelah dicetak maka akan tampil file PDF yang telah kita buat tadi, viewer PDF yang tampil adalah Foxit Reader, disini kita coba block/seleksi teks pada file PDF, teks tersebut tidak dapat di Copy-Paste.
Nah bagaimana? mudahkan.. mari kita budidayakan “ANTI Copy-Paste” Semoga bermanfaat….
Thanks to Mas Ridho :)

NB:
Jika masih gagal, bisa hubungi saya di :

Facebook : https://www.facebook.com/am.blogsters
E-mail : kabcybers@gmail.com
Join With CHIT :  CHIT-IT|HeroiX of IT Community

Catatan: (Memasukan Item Pada Komentar)
Untuk menyisipkan video, gunakan tag <i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA...</i>

Link aktif akan dimatikan secara otomatis.

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

NB: Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (Out Of Topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.